Ilmu mantiq; Definisi Mantiq


Oleh; Ust Hendra Sudrajat
Materi-2
Definisi ilmu Manthiq
تَعْرِيْفُهُ
 *Ta'riefnya* :
مِمَّا تَقَدَّمَ يُمْكِنُنَا اَنْ نَسْتَنْبِطَ اَنَّ عِلْمَ الْمَنْطِقِ عِبَارَةٌ عَنْ قَوَاعِدَ يَسْتَرْشِدُ بِهَا الْاِنْسَانُ فِي تَفْكِيْرِهِ, لِيَاْمَنَ مِنَ الزَّلَلِ, وَتَسْلَمَ مَعْلُوْمَاتُهُ مِنَ الْخَطَاِ.
Dari (uraian) terdahulu kita dapat membuat kesimpulan bahwa ilmu Manthiq adalah sebuah ungkapan tentang kaidah-kaidah  yang manusia dapat terbimbing dengannya dalam cara berfikirnya, agar selamat dari keleloruan dan selamat pengetahuannya dari kesalahan.
وَنُحِبُّ اَنْ نَسُوْقَ اِلَيْكَ تَعْرِيْفًا قَدِ اشْتَهَرَ بَيْنَ الْمَنَاطِقَةِ وَهُوَ :
"قَانُوْنٌ تَعْصِمُ مُرَاعَاتُهُ الذِّهْنَ عَنِ الْخَطَاِ فِي التَّفْكِيْرِ".
وَهٰذَا التَّعْرِيْفُ لاَيَخْتَلِفُ فِي مَعْنَاهُ عَمَّا سَبَقَ.
Dan kami merasa senang untuk mengungkapkan  kepadamu sebuah definisi yang benar-benar telah terkenal diantara para ahli Manthiq, yaitu:
"Aturan yang dapat menjaga fikiran dari kesalahan dalam berfikir."
Dan definisi ini tidak bertentangan maknanya dengan uraian sebelumnya.
وَذٰلِكَ الْقَانُوْنُ لاَيُعَلِّمُنَا كَيْفَ نُفَكِّرُ فَحَسْبُ، بَلْ يُعَلِّمُنَا اَيْضًا كَيْفَ يَنْبَغِي اَنْ نُفَكِّرَ لِنَصِلَ مِنْ اَقْرَبِ الطُّرُقِ اِلَی نَتِيْجَةٍ صَحِيْحَةٍ، وَيُرِيْنَا خَطَاَ الْفِكْرِ عِنْدَ مَا يَنْحَرِفُ عَنِ الْقَوَاعِدِ.
Dan aturan itu tidak hanya mengajarkan kita bagaimana cara berfikir saja, bahkan mengajarkan juga kepada kita bagaimana seharusnya kita berfikir agar bisa sampai kepada metoda yg paling dekat menuju kesimpulan yang benar, dan memperlihatkan kepada kita kesalahan dalam berfikir ketika menyimpang dari aturan-aturan itu.
واللهُ اَعْلَمُ.


Tags

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.