Ilmu Mantiq


Oleh; Ust Hendra Sudrajat
Materi-1

اَلْحَاجَةُ إِلَی عِلْمِ الْمَنْطِقِ
Kebutuhan kepada ilmu Manthiq

يَمْتَازُ الْإِنْسَانُ عَنْ سَائِرِالْحَيَوَانِ بِالْعَقْلِ, وَهُوَ عُدَّتُهُ فِي التَّفْكِيْرِ لِلْوُصُوْلِ إِلَی شَيْءٍ يُجَهِّلُهُ, وَبِهِ يُدْرِكُ الْحَقَائِقَ, وَيَقِفُ عَلَی أَسْرَارِ الْكَوْنِ.
Manusia berbeda dari seluruh hewan dengan adanya akal, dan ia merupakan persiapan/perlengkapan manusia dalam berfikir untuk mengapai sesuatu yang membuatnya tidak tahu, dan dengan akal juga dapat mengetahui kebenaran-kebenaran, dan memahami rahasia-rahasia alam.
وَاْلإِنْسَانُ مَدْفُوْعٌ بِطَبِيْعَتِهِ إِلَی التَّفْكِيْرِ, وَهُوَ يَسْتَعْمِلُ فِكْرَهُ مَادَامَتْ حَيَاتُهُ, سَوَاءٌ فِي ذٰلِكَ الصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ, كُلٌّ عَلَی قَدْرِ عَقْلِهِ.
Dan manusia terdorong dengan nalurinya untuk berfikir, dan akan menggunakan fikirannya selama hidupnya, sama saja dalam hal itu (:berfikir) masalah yang kecil dan yang besar, semuanya tergantung kemampuan menggunakan akalnya.
غَيْرَ أَنَّ تَفْكِيْرَهُ لاَيُؤَدِّي دَائِمًا إِلَی نَتَائِجَ صَحِيْحَةٍ, فَقَدْ يَزَلُّ مِنْ حَيْثُ لاَ يَشْعُرُ, وَ يَخْطَئُ عَنْ غَيْرِ قَصْدٍ, فَيَلْتَبِسُ عَلَيْهِ الْحَقُّ بِالْبَاطِلِ, وَيَصِلُ إِلَی مَعْلُوْمَاتٍ غَيْرِ صَحِيْحَةٍ.
Hanya saja bahwa fikiran manusia tidak selamanya dapat menyampaikan kepada kesimpulan-kesimpulan yang benar, maka terkadang tak terasa tergelincir, dan membuat kesalahan tanpa sengaja,  maka akan menjadi kabur/tidak jelas antara yang benar dan bathil, dan akan menuju kepada kabar-kabar/pengetahuan yang tidak benar.
فَلِكَيْ يَأْمُنُ الْإِنْسَانُ مِنَ الزَّلَلِ. وَتَسْلَمُ مَعْلُوْمَاتُهُ مِنَ الْخَطَإِ, وُضِعَتْ قَوَاعِدُ يَسْتَرْشِدُ بِهَا فِي تَفْكِيْرِهِ, وَيَسِيْرُ فِيْهِ عَلَی مُقْتَضَاهَا, تِلْكَ الْقَوَاعِدُ هِيَ عِلْمُ الْمَنْطِقِ.
Maka agar manusia selamat dari kesalahan , dan selamat pengetahuannya dari kesalahan, dibuatlah kaidah-kaidah  yang akan membimbing dalam cara berfikirnya, dan sejalan dalam (berfikir)nya dengan ketentuan (kaidah)nya, kaidah-kaidah itulah yang disebut dengan ILMU MANTHIQ.

Tags

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.