A.
Pengertian Inna Wa Akhowatuha (إن واخواتها)
إن adalah salah satu ‘amil (عامل) dari beberapa amil
nawashib yang bisa masuk sekaligus mempengaruhi susunan i’rab
mubtada’ dan khabar. Adapun teman-temannya inna (إن) yaitu: أن لكن كأن لعل ليت .
إن واخواتهاmempunyai fungsi beramal menasabkan mubtada’ (مبتداْ) menjadi isimnya(اسمها) dan merafa’kan khabar(خبر) menjadi menjadi khabarnya(إن) inna.
seperti contoh
di bawah ini:
.ان ان زيدا حاضر زيد حاضر
Setelah
lafal ( زيد حاضر ) kemasukan inna,
lafal zaidun (زيد) menjadi isimnya inna, dan dibaca nashab menjadi(زيدا) , sedangkan lafal hadlirun (حاضر) tetap di baca rafa’menjadi khabar dari inna. Begitu pula dengan contoh di bawah
ini:
أن = أن زيدا قائم زيد
قائم
ليت = ليت الشباب يعود يوما
لكن = زيد شجاع لكنه ليس بكريم
ليت = ليت الشباب يعود يوما
لعل = لعل الحبيب قادم
B.
Faedah Inna Wa akhawatuha
Menurut para
ulama ahli nahwu, masing-masing dari Inna Wa Akhawatuha (إن واخواتها) mempunyai faedah yang berbeda-beda yaitu:
1. Inna (إن)mempunyai faedah li al taukid/
menguatkan suatu pernyataan atau kabar, untuk meyakinkan orang yang diberi
kabar.
Contoh:ان عمرا جالس
2. Ka anna(كأن) mempunyai
faedah li al tasybih (menyerupakan).
Contoh:كأن وجه زيد بدر
3. La’alla (لعل) dan Laita(ليت) mempunyai arti yang sama, tetapi faedahnya berbeda.
a. La’alla (لعل) mempunyai 2 faedah yaitu:
§ Li al taraji (للترجى),
mengharap sesuatu yang kemungkinan akan terjadi.
Contoh:لعل محبوبى وصل
§ Li al tawaqu’(للتوقع) , mengharap sesuatu yang
benar-benar akan terjadi.
Contoh:لعل زيدا هالك
b. Laita (ليت)mempunyai faedah li al
tamanniy (للتمنى) , yaitu mengharap sesutu yang tidak mungkin akan terjadi atau
sesuatu yang kemungkinan akan terjadi. Penjelasannya sebagaimana berikut:
§ Tidak mungkin terjadi:
contoh: ليت
البقرة ذو يدين
§ Kemungkinan kecil terjadi:
Contoh: ليت
لي قنطارا من ذهب
4. Anna (أن) mempunyai faedah li al taukid(للتوكيد) , yaitu menguatkan sesuatu
pernyataan atau kabar, untuk meyakinkan orang yang di beri kabar.
Contoh: أن زيدا قائم
5. Lakinna ((لكنmempunyai faedah lil istidrok (menyambung).
Contoh: زيد
شجاع لكنه ليس بكريم
C.
Cara Pembacaan Hamzah Inna (إن)
Ada 3 cara
dalam pembacaan hamzah Inna (إن) . Masing-masing bacaan mempunyai
syarat dan tempat-tempat tertentu. Ketiga cara tersebut yaitu:
1. Wajib dibaca fathah (فتحة)
§ Ketika Inna(إن) menempati tempatnya masdar yang dirafa’kan oleh fi’il.
Contoh:يعجبني انك قائم asalnya يعجبني قيامك
§ Ketika Inna(إن) menempati tempatnya masdar yang dinashabkan oleh fi’il.
Contoh:عرفت انك حاضر asalnya عرفت
حضورك
§ Ketika Inna(إن) menempati tempatnya masdar yang dijerkan oleh huruf jer.
Contoh:عجبت من انك قائم asalnya عجبت
من قيامك
2. Wajib dibaca kasrah(كسرة)
§ Ketika Inna(إن) berada di awal kalimat.
Contoh: إن زيدا قائم
§ Ketika Inna(إن) berada di awal shilah.
Contoh:جاء الذي إنه قائم
§ Ketika Inna (إن)menjadi jawabnya qasam, sedangkan khabarnya dimasukilam.
Contoh:والله إن زيدا لقائم
§ Ketika Inna(إن) menempati tempatnya tarkib/ susunan hal(حال).
Contoh: زرت
واني ذو امل
§ Ketika Inna (إن)menjadi maqul qoul(مقول
قول) .
Contoh: قلت
ان بكرا حاضر
§ Ketika Inna(إن) berada setelah af’al qulub yang dita’liq dengan lam.
Contoh: اعلم انه لذوتقا
§ Ketika Inna (إن)berada setelah idzan fajaiyyah (إذا فجائية).
Contoh:خرجت فاذا إن \ أن زيدا قائم
§ Ketika Inna (إن)menjadi jawabnya qasam, khabarnya Inna (إن) tidak di masuki lam.
Contoh: والله أن \ إن زيدا لقائم
§ Ketika Inna (إن)berada setelah fa’ jaza’ (فاء
جزاء).
Contoh:من ياْتني فإنه \ فأنه مكرم
§ Ketika Inna (إن)berada setelah mubtada’ (مبتداْ) yang berupa qoul fi al ma’na (قول في المعنى)dan khabarnya juga berupa qoul. Orang
yang mengucapkan satu orang.
Contoh:خير القول إني \ أني احمد
D.
Cara/ Tempat Pembacaan Nun Pada
Lafal Inna(إن) Dan Anna(أن)
Nun pada
lafal Inna(إن) boleh di baca sukun, tetapi amalnya berkurang. Maksudnya lebih sering tidak
beramal menashabkan dengan syarat-syarat tertentu, yaitu:
1. Ketika Inna (إن) di
baca takhfif/ sukun nunnya dan tidak diamalkan, maka
khabarnya wajib bertemu lam fariqah.
Contoh: إن زيد لحاضر
2. Ketika Inna (إن) di
baca takhfif/ sukun nunnya dan tidak di amalkan, maka khabarnya
boleh tidak bertemu lam fariqoh. Hal semacam ini berlaku ketika
maksud mutakallim sudah di mengerti.
Contoh:انا ابن اباة الضيم من اْل مالك # وان مالك كأنت
كرام المعادن
3. Ketika Anna ( (أنdi baca takhfif/ sukun
nunnya, maka isimnya wajib berupadlomir sya’ni yang di simpan. Khabarnya wajib berupa
jumlah yang bertempat setelah Anna ( .(أن
Contoh: علمت
أن زيدا قائم
4. Ketika Anna di baca takhfif/
sukun nunnya, khabarnya berupa fi’il du’a (فعل دعاء)dan fi’il
ghoir munshorif (فعل غير منصرف).
Maka, menurut pendapat ahli nahwu seyogyanya antara fi’il dan al
nadi dipisahkan dengan qod, nafi, tanfis, lau (لو).
Namun, dalam kitab nahwu jarang sekali terdapat
penggunaan lau((لو .
Contoh:
قد ونعلم
أن قد صدقتنا
نفي أيحسب
الإنسان أن لن نجمع عظامه
تنفيس علم ان
سيكون منكم مرضى
لو وان
لواسنقامواعلى الطريقة لأسقيناهم ماءاغدقا
5. Ketika Kaanna (كأن) di baca takhfif/ sukun nunnya, maka ma’mul
manshubnyawajib dibuang. Boleh ditetapkan akan tetapi berlaku sangat sedikit.
Contoh: كان لم تغن بالأمس
كان
زيد قائم
E.
Inna Wa Akhawatuha Bertemu Ya’ Mutakallim
Inna wa
akhawatuha juga bisa
di temui ya’ mutakallim, yang nantinya masing-masing dari inna
wa akhawatuha ada yang wajib dipisah dengan nun wiqoyah (jika
tidak dalam keadaan dlorurat). Ada pula yang boleh dipisah atau tidak di pisah
dengannun wiqoyah.
Ada pun yang
wajib di pisah dengan nun wiqoyah yaitu:
Contoh:
§ ليت ياليتني
كنت معهم
كمنية جابر إذ قال ليتي # أحادفه وافقد جل مالي
§ لعل لعلي
ابلغ الاسباب
فقلت اعيراني القدوم لعلني # احط بها قبر الابيض ما جد
Sedangkan yang
boleh di pisah maupun tidak di pisah terdapat pada selain lafallaita dan la’alla,
yaitu inna, anna, lakinna, kaanna.
Contoh:
إن : إني شجاع - إنني شجاع
أن : أني قائم - أنني قائم
لكن : أنا تلميد لكني موظف - أنا تلميد لكنني موظف
كأن : هو ينظرني كأني محبوبته - هو ينظرني كأني محبوبته
Posting Komentar