Mubtada dan Khobar


Mubtada
)المُبْتَدَأُ هُوَ الإِسْمُ المَرْفُوْعُ العَارِى عَنِ العَوَامِلِ اللَّفْظِيَّةَِ(
"Mubtada ialah isim yang dirofakan yang kosong dari amil-amil bangsa lafadz".

Yang dimaksud dengan “kosong dari amil-amil bangsa lafadz” adalah: Bahwa yang merofa'kan mubtada itu bukan amil lafadz, seperti halnya kalau fa'il dan naib fa'il dirofakannya oleh amil lafadz yaitu: fi'il mabni fa'il atau fi'il mabni majhul. Nah.. kalau mubtada dirofakannya oleh amil ma'nawi yakni oleh ibtida atau permulaan kalimat saja.
Ada lagi yang mendefinisikan mubtada sebagai berikut:
اِسْمٌ مَرْفُوْعٌ وَاقِعٌ فِى اَوَّلِ الجُمْلَةِ
“Mubtada adalah isim yang dirofakan yang terletak di permulaan jumlah”.

 Khobar
)الخَبَرُ هُوَ الإِسْمُ المَرْفُوْعُ المُسْنَدُ اِلَيْهِ 
“Khobar ialah isim yang dirofa'kan yag disandarkan kepada mubtada”.
Ada juga yang mendefinisikan sebagai berikut:
اِِسْمٌ مَرْفُوْعٌ يُخْبِرُ عَنْ حَالَةِ المُبْتَدَأِ
Khobar ialah isim yang dirofa'kan yang memberitakan keadaan mubtada atau yang terletak setelah mubtada”.
( نَحْوُ قَولِكَ  زَيْدٌ قَائِمٌ وَ الزَّيْدَانِ قَائِمَانِ وَالزَّيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ )
Contoh:
الكِتَابُ مُهِمٌّ
“Kitab itu penting”
العِلْمُ نَافِعٌ
“Ilmu itu bermanfa'at”
Kata " الكِتَابُ" dan " العِلْمُ" adalah mubtada karena isim yang dirofa'kan yang terletak pada formula'an jumlah. Mubtada dirofa'kan dengan ibtida (karena jadi formula'an).
Sedangkan kata " مُهِمٌّ" dan kata" نَافِعٌ" adalah khobar, karena isim yang dirofa'kan yang memberitakan keada'an mubtada atau terletaknya setelah mubtada. Contoh yang lain:
الدَّرْسُ سَهْلٌ                        - الوَلَدُ الَّذِى اِشْتَرَكَ فِى الإِمتِحَانِ نَاجِحٌ
المَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ
 Persesuaian antara mubtada dan khobar

Antara mubtada dan khobar harus sesuai di dalam hal-hal sebagai berikut:
a.      Di dalam mufrodnya
b.      Di dalam tasniyahnya
c.       Di dalam jama'nya
d.      Di dalam muannats dan mudzakarnya

Dan Mubtada harus terdiri dari isim ma'rifat.

- Contoh Mubtada yang terdiri dari mufrod mudzakar, tasniyah, jama mudzakar.
مُحَمَّدٌ عَالِمٌ                     - مُحَمَّدانِ عَالِمَانِ              - مُحَمَّدُوْنَ عَالِمُوْنَ
- Contoh mubtada khobar yang terdiri dari mufrod muannats, tasniyah dan jama.
فَاطِمَةٌ عَالِمَةٌ                   - فَاطِمَتَانِ عَالِمَتَانِ             - فَاطِمَاتٌ عَالِمَاتٌ
- Contoh yang terdiri dari jama yang tidak berakal.
الكُتُبُ مُهِمَّةٌ                                  - المَدَارِسُ كَبِيْرَةٌ
الكُتُبُ مُهِمَّاتٌ                                - المَدَارِسُ كَبِيْرَاتٌ
- Contoh jama' taksir yang berakal.
الرِّجَالُ قَائِمُوْنَ                                 - النِّسَاءُ قَائِمَاتٌ
Kalau mubtada terdiri dari jama' yang tidak berakal, maka boleh khobarnya terdiri dari mufrodah muannatsah atau jama muannats. Sebagaimana pada contoh no 3

a.Pembagian Mubtada

(وَالمُبْتَدَاُ قِسْمَانِ: ظَاهِرٌ وَمُضْمَرٌ. فَالظَّاهِرُ مَا تَقَدَمَ ذِكْرُهُ. وَالمُضْمَرُ اِثْنَا عَشَرَ: وَهِيَ اَنَا وَنَحْنُ وَاَنْتَ وَاَنْتِ وَاَنْتُمَا وَاَنْتُمْ وَاَنْتُنَّ وَهُوَ وَهِيَ وَهُمَا وَهُمْ وَهُنَّ.نَحْوُ قَوْلِكَ اَنَا قَائِمٌ نَحْنُ قَائِمُوْنَ وَمَا اَشْبَهَ ذَلِكَ)

Mubtada itu terrbagi kepada dua bagian, yaitu:
1. Mubtada dhohir seperti pada contoh di atas.
2. Mubtada dlomir ( Mubtada yang dibuat dari isim dlomir atau isim dlomir munfashil marfu' ).
Contoh Mubtada isim dlomir:
هُوَ قَائِمٌ                - هُنَّ قَائِمَاتٌ                  - اَنتُمَا قَائِمَتَانِ
هُمَا قَائِمَانِ             - اَنْتَ قَائِمٌ                    - اَنْتُنَّ قَائِمَاتٌ
هُمْ قَائِمُوْنَ             - اَنْتُمَا قَائِمَانِ                 - اَنَا قَائِمٌ
هِيَ قَائِمِةٌ              - اَنْتُمْ قَائِمُوْنَ                  - نَحْنُ قَائِمُوْنَ
هُمَا قَائِمَتَانِ             - اَنْتِ قَائِمَةٌ
 Pembagian Khobar
 ( والخَبَرُ قِسْمَانِ مُفْرَدٌ وَغَيْرُ مُفْرَدٍ فَالمُفْرَدُ نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ قَائِمٌ. وَغَيْرُ المُفْرَدِ اَرْبَعَةُ اَشْيَاءَ: الجَارُ وَالمَجْرُوْرُ وَالظَّرْفُ وَالفِعْلُ مَعَ فَاعِلِهِ وَالمُبْتَدَأُ مَعَ خَبَرِهِ نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ فِى الدَّارِ وَزَيْدٌ عِنْدَكَ وَزَيْدٌ قَامَ اَبُوْهُ وَزَيْدٌ جَا رِيَتُهُ ذَاهِبَةٌ ).

Khobar terbagi kepada dua bagian:
1). Khobar Mufrod.
Khobar mufrod adalah:
مَالَيْسَ جُمْلَةً اَوْ شَبِيْهًا بِالجُمْلَةِ
"Khobar yang terdiri dari bukan jumlah atau serupa jumlah.
Contoh:
زَيْدٌ قَائِمٌ                        - الزَيْدَانِ قَائِمَانِ               - الزَيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ
المَسْجِدُ كَبِيْرٌ                   - المَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ         - المَسَاجِدُ كَبِيْرَةٌ
2). Khobar jumlah ( khobar ghoer mufrod )
Khobar jumlah adalah:
مَاكَانَ جُمْلَةً اَوْشَبِيْهًا بِالجُملَةِ
" Khobar yang terdiri dari jumlah atau serupa jumlah.

Yang dimaksud dengan jumlah ada dua macam:
a. Jumlah Ismiah, yaitu jumlah yang terdiri dari mubtada dan khobar
b. Jumlah Fi'liyah, yaitu jumlah yang terdiri dari fi'il dan fa'il.

Yang dimaksud dengan serupa jumlah ada dua macam:
a. yang terdiri dari jar majrur
b. yang terdiri dari dhorof ( baik dhorof makan atau dhorof zaman ).
- Contoh khobar ghoer mufrod yang terdiri dari jumlah ismiyyah atau terdiri dari mubtada khobar.
- خَالِدٌ حَبِيْبَتُهُ جَمِيْلَةٌ                           - المَرْئَتَانِ حَبِيْبَتُهُمَا جَمِيْلٌ
- عَائِشَةُ حَبِيْبُهَا جَمِيْلٌ                 - الرِجَالُ حَبِيْبَتُهُمْ جَمِيْلَةٌ
- اللهُ رَحْمَتُهُ وَاسِعَةٌ
- الرَّجُلاَنِ حَبِيْبَتُهُمَا جَمِيْلَةٌ                     - النِّسَاءُ حَبِيْبُهُنَّ جَمِيْلٌ
- Contoh khobar ghoer mufrod yang terdiri dari jumlah fi'liyyah atau terdiri dari fi'il fa'il.
زَيْدٌ قَامَ اَبُوْهُ                    - الزَّيْدَانِ قَامَ اَبُوْهُمَا                     - الزَّيْدُوْنَ قَامَ اَبُوهُم
مَرْيَمُ قَامَ أَبُوْهَا                  - المَرْيَمَانِ قَامَ اَبُوْهُمَا                     - المَرْيَمَاتُ قَامَ اَبُوهُنَّ
Contoh khobar jumlah yang terdiri dari syibhul jumlah:
- dari jar majrur
السَّمَاكُ فِى المَاءِ                - التَّلاَمِيْدُ فِى الفَصْلِ           - الثِيَابُ فِى الخِزَانَةِ
- dari dhorof
الأُسْتَاذُ اَمَامَ المَدْرَسَةِ           - مُحَمَّدٌ عِنْدَكَ                  - القَلَنْسُوَةُ تَحْتَ المَكْتَبِ
Catatan:

Di dalam Khobar ghoer mufrod atau khobar jumlah, harus terdapat dhomir yang kembali kepada mubtada, dan dhomir tersebut harus sesuai dengan mubtada itu. Ketentuan ini berlaku apabila khobar ghoer mufrodnya terdiri dari jumlah ismiyah atau fi'liyah. Dlomir tersebut baik mustatir ( tidak nampak ), atau bariz ( nampak ). Sedangkan di dalam khobar ghoer mufrod yang terdiri dari serupa jumlah tidak perlu ada dlomir yang kembali kepada mubtada atau tidak perlu sesuai, seperti khobar yang terdiri dari isim jamid ( yang terdiri dari mashdar ).

Contoh:
طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ


Tags

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.